Pages

Jumat, 24 Januari 2014

Wisata di Kota Ujung Pandang

Ujung Pandang merupakan salah satu kota di daerah Sulawesi Selatan dan merupakan ibu kota dari provinsi tersebut. Kota ini terkenal dengan keramahan penduduk dengan berbagai suku dan juga wisata kuliner yang menarik. Namun, ternyata di sisi lain, potensi wisata di daerah ini cukup menarik untuk anda jadikan tempat tujuan liburan anda. Ada banyak tempat wisata di Ujung Pandang yang memang dapat anda pertimbangkan sebagai salah satu tujuan anda. Namun, apakah anda sudah tahu apa saja tempat wisata yang ada di Kota Ujung Pandang tersebut?
Tempat wisata di Ujung Pandang memang sangat beragam dan dapat digolongkan ke beberapa jenis wisata, seperti wisata religi, wisata budaya, wisata belanja hingga wisata alam. Oleh karena itu, anda dapat menyesuaikan tempat wisata yang akan anda kunjungi dengan kebutuhan anda. Jika anda lebih suka wisata alam, maka pilihlah untuk mengunjungi beberapa tempat wisata bernuansa alam yang ada di Kota Ujung Pandang.
Berikut ini ada beberapa tempat wisata di Ujung Pandang yang memang sebaiknya anda kunjungi ketika melakukan liburan. Simak uraiannya di bawah ini.
1. Benteng Fort Roterdam
Benteng Fort Rotterdam Ujung Pandang
Benteng Fort Rotterdam Ujung Pandang
Untuk wisata yang satu ini dapat menjadi alternatif pilihan untuk anda yang ingin wisata budaya.Benteng Fort Rotterdam yang dulunya bernaman benteng Ujung Pandang ini merupakan bangunan peninggalan kerajaan Gowa Tallo. Anda pun tak perlu heran jika masyarakat sering menyebutnya Benteng Penyua karena memang arsitektur dari bangunan tersebut menyerupai hewan penyu. Dan menurut sejarah, konon tempat ini merupakan markas dari pasukan Katak kerajaan Gowa Tallo. Di dalam benteng ini pun terdapat museum yang menyimpan berbagai barang peninggalan sejarah. Jika anda tertarik dengan tempat wisata ini, anda dapat mengunjunginya di jalan Ujung Pandang. Letaknya sangat strategis, dan tak jauh dari benteng ini pun terdapat pantai yang hanya dipisahkan dengan badan jalan.
2. Monumen Mandala
Monumen Mandala di Kota Ujung Pandang
Monumen Mandala di Kota Ujung Pandang
Monumen ini merupakan salah satu bangunan yang didirikan sebagai bukti perjuangan para pahlawan dalam merebut Irian Barat. Masih ingatkah anda dalam sejarah ketika terjadi pertempuran yang menewaskan Komodor Yos Sudarso di Laut Arafuru? Nah, semua dokumen yang berkaitan dengan kejadian ini dapat anda lihat di Museum Mandala di Ujung Pandang. Benteng ini bisa anda jumpai di Jl. Jendral   Sudirman, Makassar, Sulawesi Selatan.
3. Pantai Losari
Keindahan Pantai Losari Ujung Pandang
Keindahan Pantai Losari Ujung Pandang
Pantai Losari merupakan salah satu wisata alam yang memiliki banyak peminat. Anda dapat menikmati indahnya matahari terbenam di pantai ini. Tak heran jika di sore hari menjelang malam, pantai ini sangat ramai dengan pengunjung yang hanya sekdar jalan-jalan atau menikmati wisata kuliner yang ada di sekitar pantai Losari.
4. Pusat Rekreasi Akkarena
Pantai Akkarena Kota Ujung Pandang
Pantai Akkarena Kota Ujung Pandang
Taman rekreasi ini sangat cocok dikunjungi oleh anda yang membawa keluarga. Taman ini berdiri di atas lahan seluas 10 hektar berada tepat di pesisir Pantai Tanjung Bunga. Di tempat ini anda akan disuguhi dengan pemandangan pantai yang indah. Selain itu, taman ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas pendukung lainnya seperti fasilitas olah raga, tempat bermain anak. Anda juga bisa menikmati fasilitas olah raga air seperti bermain jetski, banana boat, speed boat, dan boat kecil.
Itulah sebagian kecil dari tempat wisata di Kota Ujung Pandang yang menurut saya paling menarik untuk dikunjungi. Selain beberapa tempat wisata di Ujung Pandang di atas, anda dapat pergi ke beberapa tempat wisata kuliner yang merupakan makanan khas dari kota ini. Adapun beberapa makanan yang biasa ditawarkan yaitu Coto Makassar, Sop Sodara, Konro Bakar, Es Pisang Ijo dan masih banyak lagi. Semoga uraian singkat saya ini bisa bermanfaat bagi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar