Pages

Jumat, 24 Januari 2014

Wisata Keluarga ke Tempat Ragunan Jakarta

        Kebun binatang merupakan salah satu tempat wisata yang masih memiliki banyak peminat khususnya untuk liburan keluarga. Salah satu kebun binatang di Jakarta Selatan yang tak pernah sepi dari pengunjung adalah Ragunan. Tempat wisata Ragunan ini terletak di daerah Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Dan dari segi transportasi, kebun binatang Ragunan memang sangat mudah untuk anda jangkau, baik menggunakan transportasi umum (angkot) maupun menggunakan kendaraan pribadi.
Jika dilihat dari sejarahnya, tempat wisata ini didirikan pada tahun 1864 oleh Vereneging Planten en Dierentuin yang merupakan organisasi Hindia Belanda untuk para pecinta flora dan fauna. Kebun binatang ini menjadi kebun binatang pertama yang ada di Indonesia.
Keramaian di Kebun Binatang Ragunan Jakarta
Keramaian di Kebun Binatang Ragunan Jakarta
Pada awal mulanya, tempat wisata Ragunan ini terletak di daerah Cikini, Jakarta Pusat, yang merupakan pemberian seorang pelukis ternama di Indonesia yaitu Raden Saleh pada bidang seluas 10 hektar. Kemudian dipindahkan di daerah Pasar Minggu pada tahun 1966 dikarenakan alam tropis sekitarnya dan pemerintah DKI menghibahkan tanah seluas 30 hektar untuk digunakan sebagai kebun binatang. Dan kebun binatang Ragunan baru diresmikan oleh Gubernur pada tanggal 22 Juni 1966.
Kebun binatang Ragunan ini dapat menjadi alternatif pilihan liburan hemat bersama keluargakarena dari segi tiket pun sangat terjangkau untuk semua kalangan. Selain itu, tempat wisata ini pun dapat menjadi sarana pembelajaran untuk anak anda karena secara tidak langsung anda mengenalkan beberapa jenis fauna dan juga flora yang ada di kebun binatang tersebut.
Spesies Burung di Kebun Binatang Ragunan
Spesies Burung di Kebun Binatang Ragunan
Kebun binatang Ragunan merupakan Pusat Primata Schmutzer dan tujuan dibangunnya pusat ini adalah sebagai habitat alami untuk para primata. Perlu untuk anda ketahui bahwa di kebun binatang Ragunan tersebut hidup sekitar 295 spesies dan 4040 spesimen di mana sebagian besar terancam punah. Adapun beberapa jenis binatang yang dapat anda jumpai ketika berkunjung ke tempat wisata ini yaitu harimau, komodo, orang utan dan masih banyak lagi.
Menunggangi Gajah di Kebun Binatang Ragunan
Menunggangi Gajah di Kebun Binatang Ragunan
Apalagi jika anda berkunjung ke tempat ini pada hari libur nasional seperti mendekati hari raya Idul Fitri, di tempat ini akan ada festival tambahan yang khusus disiapkan untuk pengunjung. Misalnya onta tunggang, kuda tunggang dan juga gajah tunggang. Namun, tentunya ada biaya tambahan jika anda ingin melihat atraksi ini. Selain itu, pada musim liburan pun anda harus rela antri untuk membeli tiket karena sudah dipastikan pengunjung akan meningkat drastis.
Bagi anda yang ingin berwisata ke kebun binatang Ragunan, tetapi belum tahu akses untuk menuju tempat tersebut, anda tidak perlu khawatir karena pada dasarnya tempat ini mudah untuk dijangkau. Kebun binatang ini terletak dekat dengan Jakarta Outer Ring Road dan dapat anda jangkau secara mudah dengan naik bus trans Jakarta.
Itulah uraian yang dapat saya berikan mengenai beberapa hal terkait tempat wisata kebun binatang Ragunan yang ada di Jakarta Selatan ini. Semoga dapat memberikan info tambahan bagi anda yang ingin melakukan wisata hemat bersama keluarga anda. Selamat berlibur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar